Selasa, 18 Oktober 2016

CREATIVE BRIEF NESTLE



 CREATIVE BRIEF
"NESTLE"

A.    SEJARAH
NESCAFÉ berawal pada tahun 1930, Pihak dari Brazilian Coffee Institute meminta Nestlé untuk mengawetkan surplus kopi mereka yang sangat besar, dengan cara pengembangan produk kopi yang dapat larut dalam air panas. Dinamakan dengan 3 huruf pertama dari NESTLÉ dan menambahkannya dengan kata "cafe", NESCAFÉ menjadi merek baru untuk kopi. Pertama kali diperkenalkan di Swiss pada tanggal 1 April 1938. Setengah dekade kemudian, NESCAFÉ mulai diekspor ke beberapa negara seperti Perancis, Inggris, dan Amerika. Di masa Perang Dunia II, NESCAFÉ menjadi bagian dari perbekalan tentara Amerika dan sejak itulah tentara Amerika memegang peran penting dengan menjadi brand ambassador NESCAFÉ di Eropa. Sepanjang tahun 1940, popularitas NESCAFÉ berkembang pesat. Hingga hari ini, NESCAFÉ memiliki berbagai variasi yang cocok untuk beragam selera di seluruh dunia. Sejak awal berdiri di tahun 1938, NESCAFÉ sangat menjaga orisinalitas kopi.

B.     SASARAN UTAMA PRODUK NESCAFÉ
Sasaran utama produk NESCAFÉ adalah kalangan anak muda mulai dari 17 – 30 tahun, pria dan wanita yang berpendidikan dan menengah ke atas. Khususnya kalangan mahasiswa dan pekerja kantor yang sedang mengerjakan tugas dan pekerjaan.

C.    OBJECTIVITAS IKLAN/TUJUAN IKLAN
Objektifitas iklan bertujuan untuk menekankan produk NESCAFÉ di benak konsumen. Selain itu iklan ini diharapkan dapat mempersuasi konsumen agar membeli produk NESCAFÉ. Sehingga dapat meningkatkan penjualan produk NESCAFÉ.

D.    ANALIS SWOT
  •    Strenght
1.      Memiliki nama merek yang kuat yaitu NESTLÉ
2.      Kampanye pemasaran yang menarik dan baik.
3.      Memiliki banyak rasa.
4.      Secara global memiliki reputasi merek yang baik di pasar.
5.      Produk yang memiliki kontrol kualitas yang baik.
6.      Memiliki segmentasi yang sesuai.
  • Weekness
1.      Banyak orang yang menghindari kafein jika mereka sadar akan kesehatan.
2.      Promosi yang tidak jela menampilkan produk – produk yang berbeda dari NESCAFÉ dan hanya menargetkan NESCAFÉ sebagai produk tunggal.

  • Opportunity
1.      NESCAFÉ harus mengurangi harga sesuai dengan tempat mereka menjual produknya.
2.      NESCAFÉ dapat memperluas jaringan bisnis mereka di pedesaan.
3.      Memperluas segmentasi pasarnya.
4.      Menyorot manfaat dari kopi sebagai kampanye pemasaran untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas brand.

  • Threats
1.      Banyak orang menghindari kopi karena alasan kesehatan.
2.      Banyaknya pesaing di pasar global.

E.     PROMISE
Promise yang dibuat oleh NESTLÉ untuk produk NESCAFÉ yaitu “It all starts with a NESCAFÉ”

F.     REASON
Alasan mengapa dibentuk promise “It all starts with a NESCAFÉ” yang artinya semua dimulai dengan NESCAFÉ. Apapun yang ingin kita lakukan, semua dimulai dengan meminum secangkir NESCAFÉ. NESCAFÉ menawarkan kopi hebat yang menginspirasi semua orang untuk memanfaatkan kehidupan sebaik-baiknya. Karena NESCAFÉ memberikan rangsangan yang mendorong untuk segera memulai hal-hal yang ingin kamu wujudkan, tak peduli seberapa kecil hal tersebut. NESCAFÉ ingin menawarkan kepada mereka dan kepada semua orang, kopi yang tidak hanya terbaik, tetapi juga kopi yang menawarkan pengalaman selain kopi dan sudut pandang kehidupan yang inspiratif.

G.    DESIRED RESPONS
Respon yang diharapkan dari konsumen terhadap iklan ini adalah konsumen akan selalu memulai sesuatu hal dengan secangkir NESCAFÉ. Konsumen juga akan semakin memahami bahwa NESCAFÉ ingin menawarkan pengalaman dan inspirasi bagi semua orang.  Sehingga menjadikan NESCAFÉ sebagai produk pilihan mereka.

H.    TONE AND MANNER
·         Inspiratif
·         Fun
·         Dinamis
·         Barista


I.       SALURAN MEDIA
Saluran media yang digunakan untuk beriklan yaitu dengan media Televisi, radio, media cetak dan ambient media. Setiap media pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing.

J.      MANDATORI
1. Logo Perusahaan
2.   Logo Product

3.  Kemasan

    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama :
Email :
Komentar :