Minggu, 08 Januari 2017

Pengertian Iklan Radio

A. IKLAN AUDIO 

Penyampaian informasi tentang gagasan/ ide, barang dan atau jasa kepada khalayak umum ( komunikan) dengan menggunakan media audio.

Produksi Iklan Audio adalah : Proses pengolahan bahan baku iklan yang terdiri dari naskah iklan, sound effect, suara dan music menjadi iklan yang baik. Produksi Iklan Audio melibatkan seluruh unit terkait untuk mendukung kegiatan produksi iklan agar memenuhi kemudahan, kepuasan dan kebutuhan pengiklan. Pengiklan adalah Perorangan, lembaga atau institusi yang menginginkan dan membiayai adanya iklan yang diproduksi.

B. MANAJEMEN PRODUKSI IKLAN AUDIO 

Suatu system kerja yang terdiri dari berbagai organ yang saling berinteraksi dan menjalankan peranan yang berbeda dalam proses produksi.

Langkah – langkah Dalam Manajemen produksi :

  1.  Planning : merupakan bentuk dari rencana pekerjaan yang akan dilaksanakan. 

Ada 5 syarat yang harus diperhatikan dalam menyusun perencanaan:

  • What : Apa yang akan dilaksanakan 
  • Who : Siapa yang akan melaksanakan 
  • When : Kapan akan dilaksanakan 
  • Why : Mengapa
  •  Where : Dimana hal itu harus dilaksanakan. 
  • How : ( How much) Berapa besarnya biaya yang diperlukan

    2. Organizing : wadah dari suatu kegiatan/ aktifitas kerja dalam memproduksi iklan. 

Tim kerja terdiri dari berbagai personal yang memiliki tugas pokok dan fungsi sendiri-sendiri. 
a. Produser bertugas sebagai pemimpin seluruh kegiatan produksi dari perencanaan sampai pelaksanaan produksi dan evaluasi. 

b. Produser Pelaksana bertugas memimpin kegiatan pelaksanaan produksi. 

c. Pengarah Acara bertugas memberikan arahan kepada petugas produksi agar sesuai dengan perencanaan yang telah disusun sesuai dengan lay out. 

d. Penulis Naskah Iklan bertugas menulis naskah iklan yang akan diproduksi. 

e. Penyunting Naskah Iklan bertugas mengoreksi naskah iklan yang dibuat agar sesuai dengan naskah iklan yang baik dan benar. 

f. Pengarah Teknik bertugas memimpin pemakaian peralatan teknik yang digunakan untuk rekaman. 

g. Operator adalah bertugas mengoperasikan peralatan teknik produksi iklan. 

h. Narator bertugas membacakan naskah iklan yang akan diproduksi. 

i. Penyunting/ Penata Musik bertugas menyiapkan music yang digunakan untuk produksi iklan audio.  

j. Penyunting rekaman bertugas melakukan penyuntingan/ mixing / editing/ montage dari hasil rekaman produksi iklan sehingga menjadi iklan yang siap siar. 


   3. Actuiting : Pengerahan / penugasan para anggotanya tim produksi sesuai dengan tugas kerjanya masing-masing. 


  4. Controling : pengawasan terhadap pelaksanaan tugas kerja produksi iklan agar sesuai dengan perencanaan yang dibuat. 


  5. Evaluating : melakukan evaluasi dari pelaksanaan tugas produksi untuk mengetahui apakah pengumpulan bahan, pelaksanaan produksi sampai menjadi iklan serta pembiayaan yang dikeluarkan sudah sesuai dengan perencanaan. 


C. STANDART OPERASIONAL PROSEDUR 
Standart Operasional Prosedur (SOP) merupakan patokan kerja yang harus dilakukan oleh para professional di bidangnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama :
Email :
Komentar :