1. Company and Product Analysis
Persaingan
produk susu di Indonesia semakin bertambah. Banyak perusahaan penghasil minuman
susu instan yang ada di Indonesia seperti PT. Ultra Jaya. Dimulai dari pabrik
susu rumahan pada tahun 1958 di Bandung - Jawa Barat PT Ultrajaya berkembang,
hingga selanjutnya di tahun 1971 PT Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya
menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company. Tak hanya sebagai
pelopor, PT Ultrajaya pun masih unggul diantara produsen susu segar alami dan
minuman ringan untuk seluruh konsumen Indonesia dengan beberapa varian
brandnya, seperti UltraMilk untuk produk susu segarnya, Teh Kotak untuk minuman
teh segarnya, dan Sari Kacang Ijo, Sari Asem Asli untuk produk minuman
sehatnya. Dan tak ketinggalan beberapa produk minuman ringannya yang diproduksi
khusus untuk pasar eksport. Dan hingga kini, brand unggulan UltraMilk, masih
tetap unggul di antara segmen susu cair. Lahan peternakan PT. Ultra Jaya
berlokasi di tengah lahan perkebunan di dataran tinggi Bandung, dimana tersedia
sumber daya alam alami berkualitas baik, sebagai bahan baku produknya. Dengan proses
dengan teknologi Ultra High Temperature ( UHT ) digabungan dengan teknologi
pengemasan aseptik. Kini, hampir 90% total produksi, distribusikan ke seluruh
konsumen di seluruh pelosok Indonesia, sementara kurang lebih 10% produksi, diekspor
ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.
SUSU SEHAT
Salah satu
produk dari PT. Ultra Jaya selain Ultra Milk yaitu susu bantal Susu Sehat Susu sehat terbuat dari susu cair segar
berkualitas tinggi yang mengandung kebaikan beberapa nutrisi seperti protein,
karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral yaitu kalsium, magnesium, dan
fosfor. Untuk rasa pada susu sehat, terbuat dari campuran susu cair segar
dengan gula dan bahan-bahan alami seperti bubuk coklat dan perasan buah
strawberry. Membuat susu sehat, minuman susu lengkap dengan kelengkapan gizi
dan kelezatan rasa. Produk ini diproduksi dan dibuat khusus untuk institusi
tertentu seperti sekolah dan atau pabrik. Cocok untuk diminum sehari-hari baik
bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Tersedia dalam 3 rasa : Full
Cream, Cokelat, dan Strawberry.
BAHAN DASAR
Susu Sehat Full Cream
Susu Segar
Susu Sehat Coklat
Susu cair segar,
sukrosa, coklat bubuk, perasa coklat, dan stabilizer.
Susu Sehat Strawberry
Susu cair segar,
sukrosa, Perasan strawberry, perasa strawberry, pewarna natural ( Cl 75470 ),
stabilizer.
Harga
:
Susu
bantal Sehat dijual dalam bentuk bijian dengan range harga Rp. 2.500/bungkus.
Sedangkan untuk per box isi 24 bungkus yaitu seharga Rp. 53.500.
2. Consumer Analysis
Menurut
kategori, susu cair instan ini merupakan produk/barang yang tidak tahan lama (nondurable goods) dan juga produk fast consumtion karena konsumen
seringkali mengkonsumsi susu cair instan secara berkala setiap harinya. Kebanyakan
konsumen memilih mengkonsumsi susu cair instan karena brand dari produk itu
sudah terkenal, dan pengetahuan konsumen tentang rasa dan komposisi dari susu
cair instan. Selain itu kepraktisan dari susu cair instan juga menjadi salah
satu faktor pendorong pembelian. Banyaknya merek susu instan yang ada, membuat
perusahaan susu instan harus bersaing dengan perusahaan lain untuk memenangkan
pasar. Salah satu cara mengenal pasar sasaran adalah dengan cara mengenal
konsumen melalui tipe perilaku konsumen yang menjadi sasarannya. Sofa (2008)
mengemukakan ilmu perilaku konsumen dibutuhkan untuk mengidentifikasi apa
kebutuhan dan keinginan konsumen dan pelanggan tersebut sehingga pemasar mampu menyusun dan
mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat untuk karakteristik konsumen
yang menjadi target pasar. Perilaku konsumen yang satu dengan yang lainnya
tidak sama dan berubah - ubah setiap saat, maka perilaku konsumen dalam membeli
harus dipelajari secara terus menerus, mengingat situasi kondisi persaingan
pasar yang semakin kompetitif. Seperti
halnya untuk susu instan yang telah memiliki pangsa pasar yang cukup bagus
dikalangan konsumen dan masyarakat sekarang ini cenderung memilih susu instan
daripada susu segar untuk tambahan gizi dalam tubuhnya(Anonim, 2009)
a.
Tahap Keputusan
Pembelian
Pada tahap ini konsumen memutuskan merek apa yang
akan mereka beli. Sebagai pertimbangan adalah harga dan kualitas produk.
b.
Tahap Pengenalan
Masalah
Para konsumen menyadari rasa dari suatu produk susu
bantal dapat mempengaruhi cara konsumen untuk menikmati produk.
c.
Tahap Pencarian
Informasi
Pada tahap ini konsumen mencari informasi tentang
produk susu bantal yang akan dibeli baik secara harga maupun rasa.
d.
Tahap Perilaku
Pasca Pembelian
Setelah melakukan pembelian,konsumen akan merasakan
kepuasan pada [produk susu bantal tersebut sehingga melakukan pembelian ulang.
Jika konsumen tidak puas maka konsumen akan berpindah ke produk lain.
Untuk target
market dari Susu bantal Sehat yaitu dengan kategori anak-anak, remaja dan
dewasa usia 7 - 25 tahun. Pendistribusian produ susu bantal Sehat yaitu hanya
di sebagian kota – kota besar di Indonesia. Hal ini dikarenakan PT Ultra Jaya
hanya memproduksi 10% dari total produksi perusahaan. Sehingga banyak keluhan
dari konsumen tentang sulitnya mendapat susu bantal Sehat. PT. Ultra Jaya
mengatakan bahwa untuk saat ini masih belum tersedia mesin yang memadai untuk
memproduksi susu bantal.
4. Industy Analysis
Indonesia
merupakan salah satu negara yang konsumsi susu cair instan cukup tinggi. hal
ini lah yang membuat banyak perusahaan memproduksi susu cair instan yang siap
minum. Selain itu pergeseran gaya hidup menjadi serba praktis pada masyarakat
perkotaan. Ada beberapa nama industri susu cair instan di Indonesia seperti PT.
Ultra Jaya, PT. Greenfields Indonesia, PT. Nestle Indonesia, dll.
Penawaran dan permintaan industri susu olahan tahun
2008:
Uraian
|
Kap.terpasang (ton)
|
Produksi (ton)
|
Konsumsi dalam negeri (ton)
|
Susu Cair
|
466.000
|
217.500
|
270.060
|
Susu Kental Manis
|
509.200
|
320.750
|
119.682
|
Susu Bubuk
|
230.000
|
134.000
|
140.700
|
Informasi yang diperoleh
menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mengkonsumsi susu cair yang terdiri dari
susu UHT, susu steril, dan pasteurisasi masing-masing sebesar 4,6% (118,5 ribu
ton); 2,7% (69 ribu ton); dan 1,2% (30 ribu ton).
5. Competitor Analysis
Susu Bantal
Sehat
|
Susu Bantal
Real Good
|
|
Spesifikasi Produk
|
Diproduksi oleh PT.
Ultra Jaya
Dengan ukuran
200ml/pcs
|
Diproduksi oleh PT.
Greenfields Indonesia
Dengan ukuran
200ml/pcs
|
Harga
|
Rp. 2500
|
Rp. 2000- Rp. 2.500
|
Tagline
|
-
|
Rasanya Mantap
|
Kelebihan
|
Rasa susu yang lebih
enak dan pakaging yang menarik
|
Memiliki banyak
varian rasa dan merupakan produk susu bantal pertama di Indonesia
|
Aktivitas Promosi
|
-
|
TVC, majalah
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Nama :
Email :
Komentar :