Sabtu, 14 Januari 2017

Situation Analysis Susu Sehat


1.      Company and Product Analysis 
Persaingan produk susu di Indonesia semakin bertambah. Banyak perusahaan penghasil minuman susu instan yang ada di Indonesia seperti PT. Ultra Jaya. Dimulai dari pabrik susu rumahan pada tahun 1958 di Bandung - Jawa Barat PT Ultrajaya berkembang, hingga selanjutnya di tahun 1971 PT Ultrajaya melebarkan sayap bisnisnya menjadi PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company. Tak hanya sebagai pelopor, PT Ultrajaya pun masih unggul diantara produsen susu segar alami dan minuman ringan untuk seluruh konsumen Indonesia dengan beberapa varian brandnya, seperti UltraMilk untuk produk susu segarnya, Teh Kotak untuk minuman teh segarnya, dan Sari Kacang Ijo, Sari Asem Asli untuk produk minuman sehatnya. Dan tak ketinggalan beberapa produk minuman ringannya yang diproduksi khusus untuk pasar eksport. Dan hingga kini, brand unggulan UltraMilk, masih tetap unggul di antara segmen susu cair. Lahan peternakan PT. Ultra Jaya berlokasi di tengah lahan perkebunan di dataran tinggi Bandung, dimana tersedia sumber daya alam alami berkualitas baik, sebagai bahan baku produknya. Dengan proses dengan teknologi Ultra High Temperature ( UHT ) digabungan dengan teknologi pengemasan aseptik. Kini, hampir 90% total produksi, distribusikan ke seluruh konsumen di seluruh pelosok Indonesia, sementara kurang lebih 10% produksi, diekspor ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika.

SUSU SEHAT
Salah satu produk dari PT. Ultra Jaya selain Ultra Milk yaitu susu bantal Susu Sehat Susu sehat terbuat dari susu cair segar berkualitas tinggi yang mengandung kebaikan beberapa nutrisi seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan berbagai mineral yaitu kalsium, magnesium, dan fosfor. Untuk rasa pada susu sehat, terbuat dari campuran susu cair segar dengan gula dan bahan-bahan alami seperti bubuk coklat dan perasan buah strawberry. Membuat susu sehat, minuman susu lengkap dengan kelengkapan gizi dan kelezatan rasa. Produk ini diproduksi dan dibuat khusus untuk institusi tertentu seperti sekolah dan atau pabrik. Cocok untuk diminum sehari-hari baik bagi anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Tersedia dalam 3 rasa : Full Cream, Cokelat, dan Strawberry.

BAHAN DASAR
Susu Sehat Full Cream
Susu Segar
Susu Sehat Coklat
Susu cair segar, sukrosa, coklat bubuk, perasa coklat, dan stabilizer.
Susu Sehat Strawberry
Susu cair segar, sukrosa, Perasan strawberry, perasa strawberry, pewarna natural ( Cl 75470 ), stabilizer.


Harga :
Susu bantal Sehat dijual dalam bentuk bijian dengan range harga Rp. 2.500/bungkus. Sedangkan untuk per box isi 24 bungkus yaitu seharga Rp. 53.500.



2.      Consumer Analysis
Menurut kategori, susu cair instan ini merupakan produk/barang yang tidak tahan lama (nondurable goods) dan juga produk fast consumtion karena konsumen seringkali mengkonsumsi susu cair instan secara berkala setiap harinya. Kebanyakan konsumen memilih mengkonsumsi susu cair instan karena brand dari produk itu sudah terkenal, dan pengetahuan konsumen tentang rasa dan komposisi dari susu cair instan. Selain itu kepraktisan dari susu cair instan juga menjadi salah satu faktor pendorong pembelian. Banyaknya merek susu instan yang ada, membuat perusahaan susu instan harus bersaing dengan perusahaan lain untuk memenangkan pasar. Salah satu cara mengenal pasar sasaran adalah dengan cara mengenal konsumen melalui tipe perilaku konsumen yang menjadi sasarannya. Sofa (2008) mengemukakan ilmu perilaku konsumen dibutuhkan untuk mengidentifikasi apa kebutuhan dan keinginan konsumen dan pelanggan  tersebut sehingga pemasar mampu menyusun dan mengimplementasikan strategi pemasaran yang tepat untuk karakteristik konsumen yang menjadi target pasar. Perilaku konsumen yang satu dengan yang lainnya tidak sama dan berubah - ubah setiap saat, maka perilaku konsumen dalam membeli harus dipelajari secara terus menerus, mengingat situasi kondisi persaingan pasar  yang semakin kompetitif. Seperti halnya untuk susu instan yang telah memiliki pangsa pasar yang cukup bagus dikalangan konsumen dan masyarakat sekarang ini cenderung memilih susu instan daripada susu segar untuk tambahan gizi dalam tubuhnya(Anonim, 2009)
a.       Tahap Keputusan Pembelian
Pada tahap ini konsumen memutuskan merek apa yang akan mereka beli. Sebagai pertimbangan adalah harga dan kualitas produk.
b.      Tahap Pengenalan Masalah
Para konsumen menyadari rasa dari suatu produk susu bantal dapat mempengaruhi cara konsumen untuk menikmati produk.
c.       Tahap Pencarian Informasi
Pada tahap ini konsumen mencari informasi tentang produk susu bantal yang akan dibeli baik secara harga maupun rasa.
d.      Tahap Perilaku Pasca Pembelian
Setelah melakukan pembelian,konsumen akan merasakan kepuasan pada [produk susu bantal tersebut sehingga melakukan pembelian ulang. Jika konsumen tidak puas maka konsumen akan berpindah ke produk lain.


3.      Market Analysis
Untuk target market dari Susu bantal Sehat yaitu dengan kategori anak-anak, remaja dan dewasa usia 7 - 25 tahun. Pendistribusian produ susu bantal Sehat yaitu hanya di sebagian kota – kota besar di Indonesia. Hal ini dikarenakan PT Ultra Jaya hanya memproduksi 10% dari total produksi perusahaan. Sehingga banyak keluhan dari konsumen tentang sulitnya mendapat susu bantal Sehat. PT. Ultra Jaya mengatakan bahwa untuk saat ini masih belum tersedia mesin yang memadai untuk memproduksi susu bantal.


4.      Industy Analysis
Indonesia merupakan salah satu negara yang konsumsi susu cair instan cukup tinggi. hal ini lah yang membuat banyak perusahaan memproduksi susu cair instan yang siap minum. Selain itu pergeseran gaya hidup menjadi serba praktis pada masyarakat perkotaan. Ada beberapa nama industri susu cair instan di Indonesia seperti PT. Ultra Jaya, PT. Greenfields Indonesia, PT. Nestle Indonesia, dll.
Penawaran dan permintaan industri susu olahan tahun 2008:
Uraian
Kap.terpasang (ton)
Produksi (ton)
Konsumsi dalam negeri (ton)
Susu Cair
466.000
217.500
270.060
Susu Kental Manis
509.200
320.750
119.682
Susu Bubuk
230.000
134.000
140.700

Informasi yang diperoleh menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mengkonsumsi susu cair yang terdiri dari susu UHT, susu steril, dan pasteurisasi masing-masing sebesar 4,6% (118,5 ribu ton); 2,7% (69 ribu ton); dan 1,2% (30 ribu ton).


5.      Competitor Analysis

Susu Bantal
Sehat
Susu Bantal
Real Good
Spesifikasi Produk
Diproduksi oleh PT. Ultra Jaya
Dengan ukuran 200ml/pcs
Diproduksi oleh PT. Greenfields Indonesia
Dengan ukuran 200ml/pcs
Harga
Rp. 2500
Rp. 2000- Rp. 2.500
Tagline
-
Rasanya Mantap
Kelebihan
Rasa susu yang lebih enak dan pakaging yang menarik
Memiliki banyak varian rasa dan merupakan produk susu bantal pertama di Indonesia
Aktivitas Promosi
-
TVC, majalah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama :
Email :
Komentar :